Saturday 5 October 2013

Festival Bumi Reyog 2013

REYOG merupakan salah satu kebudayaan asli dari kabupaten Ponorogo yang kaya  akan keindahan perpaduan antara gerakan, musik, kostum serta berlatar belakang legenda sejarah yang tentunya layak untuk dilestarikan dan dipamerkan untuk menunjukkan keragaman budaya Indonesia. Banyak masyarakat menganggap kesenian reyog merupakan kesenian yang mengandung aura mistis. Kenyataannya, seni reyog merupakan cipta kreasi anak bangsa yang unik karena terbentuk dari adanya aliran kepercayaan yang dimiliki secara turun menurun yang kental akan hukum adat yang masih berlaku. 

Untuk menanamkan rasa cinta dan memiliki akan kesenian Reyog Ponorogo bagi kami mahasiswa dan pelajar dari Ponorogo serta masyarakat Yogyakarta pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumya. Pelajar Mahasiswa Ponorogo Yogyakarta (PMPY) ditahun 2013 ini akan menyelenggarakan Festival Bumi Reyog dengan title REYOG PONOROGO DALAM  REALITA” 

 Acara ini berlangsung di Monumen Serangan Umum 1 Maret, Jl.Malioboro Yogyakarta pada tanggal 5 oktober 2013, acara ini dibuka kurang lebih pukul 19.00 oleh perwakilan dari dinas pariwisata kabupaten ponorogo. acara berlangsung sampai pukul 23.00 gratis dibuka untuk umum. Acara ini juga dimeriahkan oleh tari merak, tari kebat ngigel, tari melayu dari himpunan mahasiswa seni tari Universitas Negeri Yogyakarta serta pemeragaan busaha batik panoragan, batik khas dari ponorogo. Pada acara puncaknya persembahan tari reyog dari pelajar Mahasiswa ponorogo yogyakarta bekerjasama dengan paguyuban warga ponorogo dan reyog manggolo mudo dengan penata tari mas whisnu hp dan penata musik mas tania langit widodo. 

acara ini cukup disambut meriah oleh warga yogyakarta karena pembludakan penonton, sehingga membuat panita harus berusaha keras mensterilkan wilayah panggung. Selain itu juga terdapat stand khusus oleh-oleh khas ponorogo, jadi pengunjung tidak usah jauh jauh keponorogo untuk mendapatkan souvenir dari daerah kami.

Tidak lupa kami ucapkan terima kasih kepada pidah pemerintahan yogyakarta dan pihak pemerintahan ponorogo, paguyuban warga ponorogo, reyog manggolo mudho yang telah membantu terlaksananya acara ini, kami juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua sponsor, pengisi acara, teman teman perwakilan mahasiswa ponorogo dari berbagai kota di Indonesia yang telah hadir dan juga teman-teman panitia semua. 

SALAM HOKYA !  
Share dan kasih tahu tementemen kamu
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments:

Post a Comment

Di persilahkan untuk berkomentar, tanya, mengkritik, namun tanpa menimbulkaan sara, dan berkonten negatif